News

FGD Magang PKKM Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Padang Tahun 2024

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Manajemen, Universitas Negeri Padang (UNP) sukses menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Membangun Jaringan dan Kemitraan yang Kuat antara Perguruan Tinggi dan Industri” pada tanggal 20 Juni 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi Program Magang yang didanai dari Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Tahun 2024.

FGD ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk akademisi dari UNP, perwakilan dari dunia industri, serta mahasiswa Program Studi Manajemen yang diselenggrakan secara hybrid. Pada acara ini, Perusahaan yang diundang dan ikut dalam acara ini adalah Direktorat  Jenderal Pajak Sumatera Barat dan Jambi, PDAM Kabupaten Padang Pariaman, Dinas Koperasi dan UKM Sumatera Barat, PT. Semen Padang, PT. Piapi, PT. Witbox Creative Media, Toyota Auto2000 Padang, PT. Pos Logistic Jakarta, PT. Orion Navigasi Laut, PT. Petro Blanc Indonesia, Bank Nagari, dan PT. Tetrahiel Profesional Manajemen. Acara dibuka dengan sambutan dari Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNP yang diwakili Wakil Dekan II FEB UNP, Abror, SE, ME, Ph.D yang menekankan pentingnya kolaborasi antara perguruan tinggi dan industri dalam menciptakan lulusan yang siap kerja dan berdaya saing tinggi.

Pada kegiatan Program Magang PKKM ini, berbagai narasumber menyoroti pentingnya memperpanjang durasi magang, meningkatkan kemampuan komunikasi, dan membekali mahasiswa dengan attitude serta soft skills yang sesuai dengan dunia kerja. Masukan dari industri, seperti Toyota Auto2000 Padang dan PDAM Padang Pariaman, menekankan pentingnya peningkatan inisiatif mahasiswa dan pemahaman tujuan magang agar proses magang bisa berjalan dengan baik, sementara akademisi seperti Dr. Syahrizal dan Prof. Dr. Yunia Wardi, Drs, Msi menekankan perlunya pembekalan attitude, skill dan knowledge yang mendukung kelancaran magang mahasiswa di perusahaan Pihak Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang serta Dirjen Pajak Sumatera Barat dan Jambi menyoroti pentingnya inisiatif dan penggunaan teknologi digital dalam magang, dan masukan dari beberapa dosen FEB UNP mengusulkan sosialisasi yang jelas mengenai tugas dan tanggung jawab sebelum mahasiswa memulai magang.

Dalam sesi diskusi, mahasiswa Program Studi Manajemen diajak untuk mengadopsi motto “Innovate, Learn, and Grow” sebagai panduan dalam menjalani program magang MBKM. Mahasiswa didorong untuk terus berinovasi dalam menghadapi tantangan di dunia kerja, memanfaatkan setiap kesempatan untuk belajar dari pengalaman di industri, dan tumbuh menjadi profesional yang kompeten dan adaptif. Dengan demikian, mereka tidak hanya memperoleh ilmu dan keterampilan baru, tetapi juga mengembangkan jaringan profesional yang kuat, yang akan berguna dalam karier mereka di masa depan.